Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan!

Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan!

Heboh.com, Jakarta - Daun sirih banyak digunakan sebagai pengobatan herbal. Kita pasti familiar dengan kegunaannya, saat daunnya digulung-gulung dan ditaruh di hidung untuk mengobati pendarahan hidung atau mimisan. Sirih sendiri merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Biasanya pada suku atau budaya tertentu, daun dan buahnya bisa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Ternyata daun sirih hadir dengan segudang manfaat untuk tubuh kita. Yuk simak apa saja khasiat dari daun sirih, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Mulut dan Gigi

Daun sirip terkenal membantu mencegah infeksi mulut dan membantu meredakan nyeri pada gusi atau gigi dengan cara mengunyah daunnya. Daun sirih mencegah timbulnya karies gigi dengan menghambat produksi asam. Melansir dari lfestyle Kompas, Dalam Buku Saku Tanaman Obat, Warisan Tradisi Nusantara untuk Kesejahteraan Rakyat (2021) yang dikeluarkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian RI, disebutkan bahwa manfaat daun sirih bisa didapatkan untuk mengatasi pendarahan gusi.

Baca Yuk!
5 Tips Agar Kamu Bisa Berhenti Merokok
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Diketahui!

2. Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan

Daun sirih yang direbus menjadi rebusan daun sirih, dipercaya mampu meredakan batuk. Air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk berkumur saat sudah dingin, sampai batuknya reda. Melansir dari Klikdokter, Daun sirih juga dipercaya bisa meredakan berbagai gangguan kesehatan mulut lainnya termasuk radang tenggorokan karena memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, dan alkaloid yang berperan sebagai anti radang.

3. Mengobati Diabetes

Mengutip dari CNN Indonesia, daun sirih dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Mengonsumsi daun sirih dapat membantu mencegah penumpukan radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh penderita diabetes. Daun sirih bermanfaat untuk mengobati diabetes, karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

4. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang telah dipaparkan di atas, daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi. Melansir dari hellosehat.com, dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah. 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Melansir dari hellosehat.com, daun sirih ternyata bisa meningkatkan produksi lendir yang berfungsi menjaga kesehatan organ pencernaan. Lendir juga bisa mencegah luka pada usus dan lambung. Selain itu, sirih juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala GERD serta berperan dalam menetralkan pH tinggi pada lambung. Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna untuk bekerja lebih baik lagi ketika membuang semua materi limbah yang ada di dalam tubuh.