Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruangan Terbuka

Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruangan Terbuka

Heboh.com Jakarta - Presiden Jokowi mengumumkan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker mengingat kasus COVID-19 di Indonesia sudah makin membaik.

Hal tersebut diumumkan Jokowi dalam pernyataan pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5).

Baca Juga!

Begini Penjelasan BMKG Terkait Suhu Panas Jakarta Sepekan Terakhir Hingga 36 Derajat
Ardian Hafidz Annafi, Siswa Asal Boyolali yang Diterima 7 Kampus Top Dunia

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka, tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata Jokowi dalam pernyataan yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5).

Walaupun begitu, untuk warga yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, Presiden Jokowi menegaskan untuk tetap menggunakan masker.

Aturan penggunaan masker juga tetap berlaku bagi masyarakat yang rentan terpapar Covid-19 seperti lansia dan orang yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

"Demikian juga masyarakat yang alami gejala batuk pilek maka tetap harus gunakan masker ketika melakukan aktivitas," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Pak Jokowi juga melonggarkan  ketentuan tes COVID-19 bagi pelaku perjalanan.

"Yang kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen," kata Jokowi.