Jenis-Jenis Kain yang Biasa Digunakan untuk Seragam

Jenis-Jenis Kain yang Biasa Digunakan untuk Seragam

Heboh.com, Jakarta – Ada banyak sekali jenis kain yang biasa dipakai sebagai bahan membuat pakaian. Kamu mau membuat seragam tapi bingung memilih bahan yang cocok? Kamu harus pelajari dulu tekstur dan karakteristik dari masing-masing kain yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat seragam.

1. Kain Katun

Kain katun menduduki posisi tertinggi sebagai bahan baku tekstil yang paling banyak diproduksi.  Kain katun merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari pengolahan buah tanaman kapas yang mempunyai nama latin Goddypiu. Kain katun umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni bersifat menghangatkan di kala dingin dan mampu menyejukkan ketika dipakai di kala panas. Terdapat berbagai jenis kain katun yaitu kain katun biasa, kain katun rayon, kain katun Bangkok, kain katun silk sutera, kain katun jepang dan kain katun paris.

2. Kain Drill

Kain drill adalah kain dengan tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang kuat. Material yang digunakan untuk membuat kain drill ini bervariasi ada yang katun murni (100% katun) dan ada yang merupakan campuran antara katun dan polyester. Sebagai bahan kain yang umum digunakan untuk pakaian seragam, kain drill memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya lebih dipilih untuk seragam dibandingkan jenis bahan kain lainnya. Jenis kain drill terbagi menjadi tiga berdasarkan tingkat ketebalan seratnya, yang masing-masingnya memiliki tujuan penggunaan yang berbeda, mulai dari untuk kemeja lapangan (industri migas, pertambangan, perkebunan), seragam pabrik, seragam kantor, jas almamater kampus, hingga pakaian seragam TNI atau Polri.

Baca Yuk!
Cara Memilih Bahan Hijab yang Nyaman
Intip 10 Gaya Para News Anchor Pria, Kece Banget!

3. Kain Tropical

Tropical Drill merupakan bahan kain yang sangat rekomendasi untuk seragam kerja, bahan ini terbuat dari campuran antara katun dan polyster dengan perbandingan katun lebih besar, sehingga bila dipakai akan terasa sangat dingin. Kain tropical memiliki kelebihan dari segi daya tahan warna yang dimilikinya, sehingga baju tidak mudah kusam. Hal ini menjadikan bahan kain tropical sebagai salah satu bahan kain pembuatan seragam kantor.

4. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan jenis kain yang memiliki serat tebal serta sifatnya sangat kuat. Awalnya, kanvas lebih banyak digunakan untuk melukis. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bahan ini semakin berkembang penggunaannya menjadi bahan dasar untuk tas, sepatu, jaket, bahkan berbagai macam aksesoris. Tak heran, karena kain kanvas ketebalannya sempurna untuk dimodifikasi. Seragam dengan bahan kain kanvas biasanya dipakai oleh pekerja lapangan dan para pendaki.

5. Kain Castilo

Kain castilo drill adalah salah satu jenis kain yang masuk dalam golongan drill. Kain castilo memiliki serat diagonal khas dari kain drill yang dihasilkan dari teknik tenun kuat yang dimilikinya. Karakterisyik kain castilo yakni lembut dan lentur, hal ini membuat kain castilo menjadi salah satu bahan yang paling nyaman yang bisa kamu gunakan untuk membuat seragam.  Selain itu harga kain castilo juga cukup murah.