Indonesia Jadi Negara Penghasil Konten K-Pop Terbanyak di Dunia

Indonesia Jadi Negara Penghasil Konten K-Pop Terbanyak di Dunia

Heboh.com Jakarta - Indonesia dinobatkan sebagai negara penghasil konten K-Pop terbanyak di TikTok. Bahkan konten yang dibuat oleh Indonesia lebih banyak dibanding Korea Selatan.

Berdasarkan infografis analisa Kpop Radar, saat ini Indonesia memiliki persentase jumlah konten hingga 16,4 persen, lebih dari dua kali lipat Korea Selatan yang hanya mencapai 7,2 persen.

Baca Juga!

Lagu Baby Shark Buat Tahanan Tersiksa, Kepala Sipir Digugat
Heboh! Diduga Jadi Korban Pelecehan Seksual, Mahasiswi Unri Ungkap Kejadiannya

Kpop Radar adalah sebuah layanan data fandom dari start up musik bernama Space Oddity. Infografis tersbut dibuat untuk merangkum tren K-Pop yang berlangsung selama periode 2018 sampai dengan 2021.

Analisa tersebut menunjukkan adanya pertumbuhan eksponensial dalam hal produksi konten K-Pop di seluruh dunia dalam tiga tahun terakhir; dari 33,5 juta di tahun 2019 menjadi 97,87 juta per bulan September 2021.

Indonesia berada di posisi puncak sebagai penghasil konten terbanyak. Diikuti Filipina 13,5 persen, Amerika Serikat 8,7 persen dan Korea Selatan di posisi keempat.

Pertumbuhan ini didukung fitur-fitur TikTok yang memudahkan kreator membuat konten. Selain itu, interaksi dan dukungan antara pengguna dalam membuat konten yang dihasilkan menjadi beragam. Dari cover dance, berita hingga sketsa komedi.