Dikenal Sebagai Kepulauan Rempah, Ini 5 Makanan Khas Maluku

Dikenal Sebagai Kepulauan Rempah, Ini 5 Makanan Khas Maluku

Heboh.com, Jakarta - Sebagai negara yang terdiri dari 34 provinsi, banyak sekali hal menarik yang bisa dieksplor dari tiap-tiap daerah di Indonesia. Kali ini, kami akan mengajakmu berkeliling ke Maluku. Maluku adalah sebuah provinsi di wilayah Timur Indonesia, yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Sebelum masa penjajahan, Maluku menjadi poros perdagangan rempah dunia. Karena hal itu, Maluku dijuluki sebagai "Kepulauan Rempah" hingga hari ini. Berbicara tentang rempah, penasaran nggak sih makanan apa saja yang jadi makanan khas Maluku? Berikut 5 ragam makanan khas Maluku yang wajib dicoba.

1. Papeda

source: makanan-indonesia.weebly

Kamu mungkin sudah familiar dengan nama makanan khas Maluku satu ini. Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua, yang berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Pada umumnya, papeda dikonsumsi bersama dengan ikan tongkol. Namun, papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga dapat dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah. Papeda baik dikonsumsi untuk kesehatan karena merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan cukup bernutrisi.

2. Sagu woku komo-komo

source: budaya-indonesia.org

Sagu Woku Komo-komo merupakan kuliner asal Maluku berbahan dasar sagu yang dicampur dengan rempah kemudian ditambah dengan jeroan ikan dan air. Adonan sagu ini kemudian dibungkus menggunakan daun wongka lalu dipanggang dengan menggunakan bara api hingga kering dan matang. Makanan berbahan dasar sagu atau batang rumbia ini termasuk salah satu makan pokok masyarakat setempat yang biasa dikonsumsi sebagai lauk dari hidangan utama, karena pembuatannya yang cukup mudah dan bahan yang mudah untuk ditemui.

Baca Yuk!
Memiliki Cita Rasa yang Khas, Ini Resep Membuat Bubur Manado
28 Jejeran Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer

3. Nasi Lapola

source: pinterest

Makanan satu ini merupakan olahan kuliner tradisional khas Maluku Utara. Nasi Lapola merupakan makanan yang terbuat dari beras, olahan kacang tolo, parutan kelapa, serai, daun jeruk, daun pandan, serta bumbu pelengkap lainnya. Nasi Lapola biasanya diolah dengan cara dikukus dan memiliki cita rasa yang gurih. Nasi Lapola biasa disajikan dengan kuliner khas lain seperti Kohu-Kohu dan Sambal Colo-Colo.

4. Sambal Colo-Colo

source: grid.id

Sambal colo-colo adalah sambal yang populer di Sulawesi dan Maluku. Sambal colo-colo memiliki perpaduan rasa segar, pedas, dan manis. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat satu porsi sambal colo-colo adalah bawang merah kupas, cabai rawit hijau kecil, cabai rawit merah kecil, kecap manis, perasan air jeruk nipis, dan tomat merah yang sudah buang isinya lalu dipotong dadu. Di Maluku sendiri terdapat dua versi sambal colo-colo, yaitu yang pakai kecap dan tidak pakai kecap. Menurut informasi, penambahan kecap dalam sambal colo-colo dipengaruhi oleh perantau Jawa yang datang ke Maluku.

5. Kohu-Kohu

source: tandaseru.id

Kohu-kohu adalah nama lain dari lalapan yang sering disebut oleh masyarakat Maluku Utara. Kohu-kohu terdiri dari sayur-sayuran rebus yang disajikan sebagai pendamping nasi seperti terong ungu atau terong panjang, kacang panjang, kol, ketimun, biraro, dan daun kemangi. Kohu-kohu sebenarnya mirip dengan urap sayur di Jawa. Yang membedakan kohu-kohu dengan urap yaitu dalam kohu-kohu terdapat suwiran ikan asar, ikan asap yang menjadi campuran. Bisa juga menggunakan tongkol kukus, teri basah, atau pindang. Di Maluku, Kohu-Kohu biasanya disajikan saat perayaan adat, pernikahan, hingga menjadi makanan sehari-hari.

Dari kelima makanan khas Maluku di atas, kamu pernah coba yang mana? Kalau belum, jangan lupa menyantapnya ketika berkunjung ke Maluku, ya!