BNN Mengungkapkan Pengguna Narkoba Meningkat Selama Masa Pandemi Covid-19

BNN Mengungkapkan Pengguna Narkoba Meningkat Selama Masa Pandemi Covid-19

Heboh.com Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose mengungkapkan pengguna narkoba meningkat dalam 2 tahun terakhir, tepatnya selama pandemi Covid-19.

“Kita ketahui bersama angka prevalensi drug abuse di Indonesia meningkat walaupun dalam suasana Covid-19. Jadi dari 1,8 persen menjadi 1,95 persen, berarti naik sekitar 0,15 persen walaupun dalam situasi Covid-19,” kata Petrus, dikutip dari CNNIndonesia.

 Baca Juga!

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, Pilot dan Seluruh Penumpang Selamat
Eks PM Malaysia Minta Singapura dan Kepulauan Riau Dikembalikan ke Malaysia

Dalam menghadapi hal tersebut, BNN menggunakan strategi pemberantasan atau penanggulangan narkotika dengan soft power dan rehabilitasi bagi para pengguna narkotika.

Ia juga mengatakan bahwa penanggulangan narkotika melalui rehabilitasi dilakukan karena kapasitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika terutama di kota-kota besar Indonesia mencapai lebih dari 70 persen.

"Saat ini, tingkat hunian di Lapas kota-kota besar termasuk di Bali, termasuk di tempat yang lain juga lebih dari 70 persen. Jadi, kalau kita liat prevalensi tadi 1,8 persen naik 1,95 persen. Tingkat hunian (di Lapas) juga meningkat di Lembaga Permasyarakatan. Tapi kalau kita liat juga prevalensi dibandingkan dengan dunia, kita masih di bawah," lanjutnya.