Akan Kembali Debut dalam Grup Idol Baru, Yuk Flashback Perjalanan Karir Lee Hangyul!

Akan Kembali Debut dalam Grup Idol Baru, Yuk Flashback Perjalanan Karir Lee Hangyul!
Lee Hangyul

Heboh.com, Jakarta – Apabila kamu mengikuti survival show The Unit ataupun Produce 101 musim keempat yaitu Produce X 101 mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama Lee Hangyul. Perjalanan karir seorang Lee Hangyul untuk menjadi terkenal seperti saat ini ternyata tidak mudah, loh. 

Seperti idol-idol yang lain, Lee Hangyul juga menjalani masa trainee yang tidak singkat di agensi yang juga menaungi DIA dan T-Ara pada saat itu, yaitu MBK Entertainment. Bahkan ternyata Hangyul tidak hanya pernah menjadi trainee MBK, Hangyul pernah menjadi trainee program survival show. Tidak hanya satu, tapi dua survival show yaitu The Unit dan Produce X 101.

1. Debut sebagai member IM66


Source: instagram.com/mbkgallery

Lee Hangyul sempat debut menjadi member grup IM66 di bawah Yama & Hotchicks Entertainment, merupakan anak perusahaan MBK Entertainment, pada September 2017. IM66 beranggotakan 4 orang, dimana mereka tidak hanya menunjukkan kemampuan rap, menari, maupun menyanyi tetai juga bermain alat music layaknya sebuah band. 

IM66 debut dengan lagu berjudul ‘Sad Story’ yang bergenre rock ballad yang dirilis pada tiga tahun lalu, tepatnya 1 September 2017. Dalam promosi debutnya ini, IM66 sempat melalukan promosi di Music Bank. Namun ternyata karir IM66 tidak seperti yang diharapkan.

2. Mengikuti program idol reboot, The Unit


Source: twitter.com/TheUNIT_KBS2017

Setelah tidak sukses denut dengan IM66, Lee Hangyul bersama teman satu grupnya tersebut mengikuti survival show The Unit ditahun yang sama, 2017. The Unit merupakan program proyek reboot bagi idol-idol yang sebelumnya pernah melakukan debut yang ditayangkan di KBS2. Setelah kurang lebih tiga bulan mengikuti program ini, Lee Hangyul tidak berhasil masuk line-up debut grup UNB. Hangyul hanya mendapat peringkat 13 pada episode final The Unit.

Baca Yuk!
Dokumenter BLACKPINK Bakal Tayang di Netflix, Catat Tanggalnya!
DRIPPIN, Rookie Boy Group Besutan Woollim Entertainment yang Akan Segera Debut

3. Menjadi 1 dari 101 trainee program Produce X 101


Source: instagram.com/produce_x_101

Perjuangan Lee Hangyul tidak berhenti di The Unit. Pada tahun 2019, Lee Hangyul muncul dalam program survival show tahunan yang ditayangkan MNet, Produce X 101. Setelah berjuang bersama trainee lainnya selama kurang lebih 100 hari, Lee Hangyul akhirnya masuk ke dalam line up debut boy group jebolan serial Produce 101 musim keempat ini. Hangyul menduduki peringkat ketujuh dan berhasil debut menjadi member X1 bersama 10 member lainnya.

4. Debut dalam boy group X1


Source: twitter.com/x1official101

Lee Hangyul bersama teman satu agensinya yaitu Nam Dohyon berhasil debut sebagai member X1 pada 27 Agustus 2019 setelah mengikuti program Produce X 101. Hangyul bersama X1 melakukan promosi lagu Flash, Like Always, dan I’m Here for You ke beberapa music show dan berhasil memenangkan 11 trofi selama masa promosi tersebut.

X1 menjadi salah satu rookie boy group yang sukses dengan debutnya pada saat itu. X1 berhasil menjual 500 ribu keping mini album debutnya yaitu Emergency: Quantum Leap setelah enam hari dirilis. Hanya satu bulan setelah debutnya, X1 berhasil menempati posisi kedua untuk brand reputasi kategori boy group satu peringkat dibawah BTS.

Namun, kesuksesan yang telah diraih X1 tidak menjadikannya berpromosi selama yang tertera di kontrak perjanjian. Karena skandal dugaan manipulasi suara yang dialamatkan pada program Produce X 101, X1 terpaksa dibubarkan sebelum habis masa kontrak.

5. Debut dalam grup duo bernama H&D


Source: twitter.com/POCKETDOLZ

Karena pengumuman pembubaran X1 pada 6 Januari 2020, maka karir Lee Hangyul sebagai idol bersama X1 juga harus terhenti. Sehingga pada 21 April 2020, Hangyul kembali debut sebagai member dari duo H&D bersama Nam Dohyon yang dinaungi oleh PocketDol Studio. Ini merupakan debut ketiga Hangyul sepanjang karirnya. Hangyul bersama Dohyon melakukan promosi debutnya dengan Soulmate ke beberapa acara musik.

Pada 2 September 2020 melalui akun twitter @POCKETDOLZ, H&D mengumumkan secara resmi akan merilis album spesial yang ternyata merupakan album terakhir mereka sebagai H&D. Ini karena Hangyul dan Dohyon akan menjadi member boy group baru PocketDol Studio.

6. Masuk line-up debut New Boy Group dibawah PocketDol Studio

Rencana pembentukan New Boy Group PocketDol Studio telah diumumkan sejak 5 Mei 2020 dan kabarnya grup ini kan memiliki 8 orang anggota. Berdasarkan pernyataan agensinya, Lee Hangyul dan Nam Dohyon akan masuk line-up debut New Boy Group tersebut. 

Pada 4 September 2020, melalui akun Twitter @PocketDolStudio member grup baru ini diungkap satu persatu. Hingga saat ini sudah ada 6 member yang telah secara resmi diungkap ke publik, yaitu Dohyon, Bit, Doha, Youngseo, Muzin, dan J-Min. apabila menyertakan nama Lee Hangyul ke dalam line-up debut, artinya tingga satu member lagi yang belum diungkap jika benar grup ini akan memiliki 8 member.

Setelah melalui perjalanan panjang karirnya mulai tahun 2017 hingga 2020 ini dengan berkali-kali debut, ini menunjukkan bahwa Hangyul merupakan sosok pekerja keras dan pantang menyerah. Semoga didebut keempatnya bersama PocketDol Studio New Boy Group ini menjadi langkah awal Lee Hangyul meraih kesuksesannya yang lebih besar lagi ya. Ayo kita aamiin-kan!